uang

Masalah keuangan adalah masalah sosial. Betul?
Memiliki uang berarti dapat memiliki berbagai macam hal.
Uang adalah suatu barang yang dapat membuat orang senang dan menangis.

Hampir semua hal membutuhkan uang. Bahkan jika hidup seseorang dapat diperpanjang, uang bukanlah suatu persoalan. Seolah-olah uang ada dikedudukan paling atas. Yaaa klo dibilang uang "ga penting", itu salah, klo dibilang "penting".. salah juga.

Manusia dari dulu hingga sekarang terus mencari uang setiap hari.
"Manusia bekerja untuk uang". Apapun dan bagaimanapun caranya, uang harus didapatkan. Hingga pada akhirnya ada perumpamaan "tidak kerja tidak dapat uang" dan "tidak kerja tidak dapat makan". Kalau dirumuskan kedalam persamaan maka:

tidak kerja tidak dapat uang = tidak kerja tidak dapat makan
uang = makan

Namun, ternyata persamaan tersebut tidaklah selalu benar. Diperuntukan bagi mereka yang memiliki orang tuanya kaya, mereka tidak perlu mencari uang untuk makan. Tidak perlu bekerja keras untuk mencari uang. Alhasil, ada 'beberapa' orang (anak) yang didik dalam lingkungan berkecukupan dan anak-anak tersebut tidak mengetahui bahwa uang itu kejam. "Mungkin saja orang tuanya sudah simpen duit buat anak cucunya"... ya sapa tau :)

Berbicara tentang uang, ada sebuah buku yang sudah cukup lama. Buku tersebut terbit di tahun 2000an. "Rich Dad Poor Dad" adalah judul buku tersebut. Didalam buku itu ada sebuah kalimat yang entah kenapa terus teringat (ga secara persis tapi).
"Ayah miskin berkata sekolah yang tinggi untuk mempermudah pekerjaan. Ayah kaya berkata jangan kamu bekerja untuk uang tetapi, buatlah uang bekerja untuk kamu"

Hidup dalam uang tapi jangan hidup demi uang.

2 comments:

lizhijia said...

kl ada waktu... mampir ke kantor om freddy (papa nya angel, sepupu gaby). yg dokter gigi itu...
di mejanya, ada puisi yg bagus ttg what money can and can't buy... worth to read, i think... it still stuck in my mind after many years (i read it when i was middle high school)...
i hope the poem can aspire you... :)

Krisna said...

oh. itu.. g pernah baca dibuku apa gitu. dimana gt
lupa.
entah itu bisa dibilang puisi atau ga kwkw