untitled

i didn't write this one in English. for those who want to read in English, go to http://translate.google.com
and translate this article. Hope that translator can make a good translation :D

...


Apa artinya teman? Siapakah yang disebut sebagai teman? Kata orang, semakin banyak teman itu semakin baik. Koneksinya jadi semakin luas. Memang iya sih klo dipikir-pikir. Yah, itu pun kalau mereka-mereka yang dianggap teman merupakan seorang yang baik dan bukan sebagai parasit.

Teknologi semakin lama, semakin maju. Namun, parasit tetap saja ada. Aneh. Entah suka meminta bantuan orang lain, namun tidak suka diminta tolong, atau yang main belakang. Masih dapatkah mereka disebut sebagai teman? Mungkin iya atau mungkin juga tidak. Seorang teman tentunya hanya manusia. Mengecewakan merupakan suatu hal yang biasa.

Dua tahun yang lalu, seseorang yang ku-kenal pernah berkata, ‘lebih baik menjaga hubungan pertemanan daripada nyari temen baru’. Jika dipikir-pikir, ada benarnya juga. Dapat percaya kepada siapa lagi jaman sekarang? Ketika mulai mendapati kesibukan yang beragam, kemudian maraknya hubungan asmara, umumnya hubungan pertemanan mulai rengang. Percaya atau tidak terserah pembaca. Tekanan dari lingkungan sekitar yang mau tak mau memaksa seseorang untuk mencari suatu jalinan pertemanan baru dan meninggalkan yang lama. Tak banyak orang yang mampu menjaga hubungan pertemanan selama 10 tahun hingga lebih.

Seorang teman tidaklah harus sempurna. Cukup dapat menerima kita dan bersama kita suka dan duka merupakan suatu teman yang sangat baik.

Teman gak harus banyak. Yang terpenting adalah bagaimana mereka selalu mengingat kita ketika ada sesuatu yang menyenangkan, dan mereka tidak melupakan kita walau terpisah dengan jarak yang jauh.

Jujur. Itulah hal yang kiranya paling penting dalam pertemanan.

Seratus atau lebih teman tidaklah lebih baik dari seorang teman yang setia, jika seratus orang tersebut pergi meninggalkan disaat waktu yang dibutuhkan.

Jika kita ingin seorang teman tidak menghianati kita, jangan mencoba untuk menghianati mereka.

Jangan memberi sesuatu secara asal-asalan kepada teman, dan jika kita memberikan yang terbaik untuk seorang teman, jangan meminta balik. Bayangan jika anda berada di posisi mereka.

Berbahagialah jika ada teman yang berbahagia.

Bersyukurlah jika mereka member kritik atau komentar, itu tandanya mereka peduli



Cobalah berpikir sejenak. Siapakah temanmu?

Apakah sepuluh tahun lagi mereka tetap berada disisimu? Tidak ada yang tahu.

1 comment:

lizhijia said...

katanya temen itu dibagi jadi dua: TRUE FRIEND and GENERAL FRIEND. menjalin pertemanan yg baru itu bagus kog... mana tau dari general friend menjadi true friend. ^o^
tp emg tetep waspada sama makhluk yg namanya manusia. ga smuanya indah. makanya buka mata lebar2, sama spt kl lo milih pacar. ketika teman lo itu manjadi parasit buat lo, kl lo keki, marah, dongkol, bete, benci, (jgn ditiru saran dari gw ini), jgn diam aja! BALAS DUA KALI LIPAT!!! buat dy bete, benci, keki, marah, dongkol juga... revenge is sweet. tp saat balas dendam... ingat: lakukan dengan bersih dan halus, jgn sampek dy sadar/curiga lo lagi balas dendam ke dy. the final blow is the best.
ehem, balik lagi, teman boleh banyak kog... tp yg plng penting ada TRUE FRIEND. general friends sih boleh sebnyak pasir... tp temukan diamond (baca: true friend) lo dari sekian bnyk pasir...